SELAMAT DATANG DI BLOG PARA PENIMBA ILMU
Home » » PENJELASAN SINGKAT MENGENAI CD-R, DVD-RW, BLUE RAY, ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER, DAN DUAL CORE & CORE 2 DUO

PENJELASAN SINGKAT MENGENAI CD-R, DVD-RW, BLUE RAY, ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER, DAN DUAL CORE & CORE 2 DUO



 
1. CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. CD-R adalah singkatan dari Compact Disk Recordable adalah piringan pipih berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Untuk mengisi CD-R dengan data diperlukan sebuah perangkat drive khusus. Proses perekamnya juga dilakukan dengan perangkat lunak khusus untuk mem burning data ke dalam CD-R. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ) yang menunjukan bahwa data hanya dapat diisi sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca.
2. DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis, kapasitasnya biasanya 4,7 GB. Kapasitas DVD lebih besar daripada VCD-RW. Keuntungan utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW. Cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
3. Cakram Blu-ray
adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan CD. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang.
4. Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen - komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal control
5. Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
6. Jika kita disuruh untuk memilih antara Processor Dual Core dan Core 2 Duo, sharusnya kita lebih memilih core 2 duo. Karena banyak kelebihan Core 2 Duo dibanding dengan dual core. Core 2 duo merupakan merupakan arsitektur yang lebih baru daripada dual core. Sehingga performancenya bias lebih tinggi daripada sebelumnya. Kedua processor ini memang sama-sama memiliki 2 core dalam satu chip. Tapi core 2 Duo lebih bisa menggunakan core itu dengan maksimal. Di Dual core, komunikasi antar core masih belum bisa berjalan dengan baik. Tapi core 2 duo sudah bisa menjalankan ore dengan maksimal. Clock speed core 2 Duo juga lebih besar, yaitu 1,8 GHz up sampai 3 GHz,dan chacenya juga cukup besar, yaitu 4 MB. Core 2 Duo juga mudah di overloock disbanding Dual Core. Sehingga jika ingin meningkatkan performance processor, lebih mudah menggunakan core 2 duo.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Ilmu Tidak Bisa Didapat dengan Badan yang Bersantai-Santai

Tentang Saya

Nama saya Afan Rahmadhani. Saya lahir di Mojokerto, 22 Ramadhan 1417 H. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 jurusan Teknik ELektro di Universitas Jember. Menyeimbangkan ilmu dunia dan akhirat adalah wajib. Dan untuk ilmu itu tidak bisa didapat dengan badan yang bersantai santai. Perlu perjuangan keras untuk mendapatkannya....Read More
animasi blog
 
Copyright © 2015 AFAN RAHMADHANI
Distributed By Blogger Template